Membuat Input data, Menampilkan data, dan Menggunakan Search pada Android Studio

BeriJempol- Lama tidak update karena ada beberapa kesibukan. Kali ini akan saya bagikan beberapa tips dan trik mengenai toturial membangun aplikasi sederhana dengan menggunakan Android Studio. Mungkin Android Studio masih kalah familiar dengan aplikasi lainnya seperti Eclips yang biasanya digunakan untuk membuat aplikasi di android.

Bahasa dan struktur yang digunakan di kedua aplikasi ini hampir sama persis, namun bagi kalangan pemula yang masih baru terjun ke dunia pembuatan aplikasi andoid maka hal ini menjadi salah satu kendala yang biasanya ditemui. Tidak jarang mereka ingin mendapat tutorial ataupun referensi yang langsung mengarah dan berkaitan dengan Android Studio.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan database di aplikasi android untuk menyimpan data yang akan kita gunakan di aplikasi kita khususnya dalam Membuat Input data, Menampilkan data, dan Menggunakan Search pada Android Studio. Dengan menggunakan SQLiTe kita bisa menyimpan data kemudian menampilkan data serta melakukan aktivitas search untuk mempermudah menampilkan data yang kita inginkan dengan keyword yang bisa diatur untuk diinputkan.

Langsung saja bagi kalian yang sidak tidak sabar untuk memulai, silahkan simak video tutorial di link di bawah ini:


1. Menginput data ke database

Input data di SQLiTe

                                                              Lihat Videonya DISINI

2. Menampilkan semua data yang telah diinputkan ke database

Menampilkan data di SQLiTe

Lihat Videonya DISINI [part1]
Lihat Videonya DISINI [part2]

3. Melakukan search data dengan keyword tertentu
Search data di SQLiTe

Lihat Videonya DISINI

Sekian toturial kali ini, untuk cara menghapus/Delete data pada database akan dibahas pada postingan selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa berjalan di platform android kawan-kawan. Terima kasih sudah menyimak artikel ini. Salam Jempol

2 komentar: