RPP SMK Kurikulum 2013

BeriJempol-Berjumpa kembali dengan artikel saya kali ini yang akan membahas mengenai salah satu bahan untuk mengajar yang harus disiapkan seorang guru sebelum terjun ke dalam proses belajar mengajar di kelas. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat haruslah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya dan harus disesuaikan dengan mata pelajaran masing-masang tenaga pengajar dan lingkungan sekolah tempat proses belajar mengajar dilaksanakan.

Begitu pentingnya sebuah RPP bagi seorang guru menjadi hal yang menjadikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini wajib dimiliki oleh setiap guru yang akan mengajar di kelas. Karena di dalam RPP ini tertuang berbagai aspek yang menjadi landasan dan pedoman dalam proses belajar mengajar di kelas agar proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan terarah.

RPP ini dibuat oleh seorang guru dengan persetujuan dari kepala sekolah tempat guru tersebut mengajar, jadi proses pembuatan RPP ini tidak boleh asal-asalan dan berjalan sendri-sendiri ya. Sebagai seorang guru, RPP ini akan menjadi panduan mereka baik dari segi alokasi waktu, indikator materi, cara dan metode yang akan digunakan dalam mengajar, proses penilaian, serta masih banyak lagi yang terkandung dalam RPP ini.

 RPP SMK Kurikulum 2013


Bagi guru yang pernah menggunakan  Kurikulum KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan sekarang karena satu dan lain hal beralih menggunakan Kurikulum 2013 ada beberapa Perbedaan mendasar yang terdapat dalam RPP di kedua kurikulum ini. Namun pada intinya tetap sama secara fungsi dan tujuan dibuatnya sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini.

Kali ini kita akan membahas menganai RPP kurikulum 2013, dengan beberapa struktur baru seperti di bawah ini

1. Judul
2. Nama Sekolah
3. Kelas/Semester
4. Mata Pelajaran
5. Tema/Sub Tema
6. Alokasi Waktu
7. Pertemuan Ke
8. Kompetensi Inti
9. Kompetensi Dasar
10. Indikator
11. Tujuan Pembelajaran
12. Materi AJar
13. Metode Pembelajaran
14. Langkah-langkah Pembelajaran
15. Media Pembelajaran
16. Sumber Belajar
17. Penilaian Hasil Belajar
18. Tanda Tangan Kepala Sekolah dan Guru Mata pelajaran

Nah bagi kalian yang memerlukan RPP untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa didownload disini

Namun ada beberapa referensi mengenai struktur dan kandungan dari RPP ini berbeda dengan bahasan pada artikel yang saya buat ini, namun semakin banyak referensi akan semakin bagus selain itu harap juga didiskusikan dengan daerah serta sekolah masing-masing agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Sekian artikel saya mengenai RPP SMK Kurikulum 2013, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Salam Jempol.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar