Cara Menurunkan Berat Badan


BeriJempol-Berjumpa kembali dengan saya kawan-kawan, semoga kabar baik ya.. Jempol berharap semua kawan-kawan dalam kondisi sehat.. Namun tidak sedikit dari kalian yang mungkin sedang mencari refferesi untuk teknik diet kalian. Namun beberapa dari orang-orang yang melalukan diet, ada beberapa kesalahan yang dilakukan. Nah yang terpenting dalam cara menurunkan berat badan adalah selalu memperhatikan kesehatan badan kita.  Apakah Badanmu sudah ideal dans sehat?

  Cara Menurunkan Berat Badan

 mari kita cek dulu Ya, ini ni senjatanya:
1. Berat Badan Normal
    Berat Badan Normal = Tinggi Badan - 100
    Contoh :
               Jika tinggi kita dari ujung kaki hingga ujung kepala adalah 160 cm maka berat badan                             normal kita adalah 160 - 100 = 60 kg.
2. Berat Badan Ideal
    Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10% tinggi badan -100)
    Contohnya :
               Jika tinggi badan kita adalah setinggi 150 cm, maka berat badan ideal kita adalah (150 -                      100) - (10% x (150 - 100) = 50 - 5 = 45 kg.

Mari bandingkan dengan kondisi agan sekarang y dengan fakta di bawah ini:

   - Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
   - Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
   - Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.

Nah bagi yang BBnya udah ideal, ya santai-santai aja ni yee, naa bagi yang masih ada masalah dengan Berat badan dan khususnya ingin nurunin berat badan ni karang Bawang akan kasi tips dan info nie bagi agan dan aganwati semua ya.

Bangun Mindset Bahwa Anda Bisa
Hal yang paling penting dalam merencanakan sesuatu adalah Mindset atau pikiran anda harus mengarah  ke hal yang positf dan optimis dengan apa yang akan anda wujudkan. Karena pikiran memiliki kekuatan yang dasyat. Hal ini bisa dimulai dengan membangun keyakinan bahwa apa yang kita lakukan ini akan membawa keberhasilan, dengan MindSet yang sudah bagus maka akan mempermudah dalam membangun tekad dalam Menurunkan berat badan anda. Dan anda perlu ingat 50% keberhasilan itu dipengaruhi oleh tekad dan MindSet yang timbul dalam diri Kita.

Tingkatkan Durasi Olahraga
Setelah Tekad yang besar ada dalam diri anda, maka selanjutnya adalah memulai program latihan  anda. Jangan bermalas-malasan untuk berolahraga, dan dalam satu hari tambah porsi aktifitas dan olahraga anda. Misalnya dengan berolahraga rutin 30 menit- 1 jam dalam 1 hari karena jika kita berolahraga selama 30 menit, maka energi yang digunakan baru berasal dari cadangan makanan yang ada, namun jika kita berolahraga lebih dari 30 menit maka energi yang digunakan akan diambil dari lemak yang menumpuk di tubuh kita. Kemudian buatlah program olahraga misalny melakukan olahraga cardio (jogging, bersepeda, renang) yang sangat efektiff dalam membakar lemak.

Pola Makan Yang Benar
Hal yang paling penting selanjutnya dalam melakukan program diet adalah Pola Makan sehari hari. Karena jika asupan karbohidrat, lemak dan asupan makanan yang masuk lebih besar dari kebutuhan kita sehari-hari maka asupan makanan yang tidak terpakai itu akan menumpuk di tubuh kita dan lama kelamaan akan sangat mengganggu kita dan malah menjadi merugikan. Makanlah secukupnya, dengan porsi yang seimbang antara nasi, daging, sayur , buah , dan kalsium serta air, alangkah baiknya jika kita makan 6 kali sehar dengan porsi minim daripada harus makan 3 kali sehari namun dengan porsi yang besar. 
Ada beberapa makanan sumber protein penting yang diperlukan tubuh untuk proses pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan Anda. Sumber makanan berprotein tersebut di antaranya adalah:

1.Ikan Tuna
  Tuna mengandung protein berkualitas tinggi dan esensial yang mudah dicerna. 100 gr daging tuna        panggang mengandung sekitar 24 gr protein.
2.Lean Beef
  Daging sapi kaya akan protein (27gr/100 gr daging), berbagai jenis vitamin B, creatine, hormon          pertumbuhan, zat besi, dan masih banyak lagi.
3.Telur Ayam (lebih baik lagi jika telur ayam kampung)
  100 gr putih telur rebus mengandung 12,6 gr protein, kaya selenium, riboflavin, asam lemak omega-   3, vitamin B12, B6, vitamin A, folat, zat besi, zinc, fosfor, dan berbagai nutrisi lainnya.
4.Susu Sapi Rendah Lemak
   Susu sapi rendah lemak mengandung protein whey dan protein kasein berkualitas tinggi. Salah satu    manfaat utama protein whey adalah mampu meningkatkan sintesis protein yang bermanfaat untuk      pembentukan jaringan otot bebas lemak

Hindari Makan Gorengan dan Minuman Bersoda
Jenis makanan ini memang sangat nikmat bila disantap, namun bagi yang sedang menjalankan program diet sangat disarankan agar mengurangi dan bahwak tidak makan gorengan karena kandungan lemaknya sangat tinggi. Hindari pula minuman bersoda, karena minuman tersebut mengandung banyak gula yang mudah sekali berubah menjadi glukosa dan tersep tubuh. Drink Milk, Not Soda

Perbanyak Makanan Berserat
Makanan berserat sangat bermanfaat sebagai yang bisa anda manfaatkan dalam rangka mengurangi berat badan anda. Karena makanan berserat mampu mengikat lemak yang dikonsumsi dan selanjutnya dibuang bersama kotoran. Selain itu makanan berserat juga sangat baik dalam menjaga kesehatan usus anda agar anda terhindar dari kanker usus. Makan berlemak bisa berupa sayur mayur dan buah-buahan. Konsumsilah buah dan sayur lebih dulu saat anda makan, sehingga perut lebih cepat kenyang sehingga porsi nasi (sumber karbohidrat tinggi) terganti. Bisa juga mengganti nasi putih dengan nasi merah (beras merah) yang dikenal kaya akan serat.

Kenali Tubuh Anda
Jika melakukan program diet sebaiknya sepintas melihat dulu ke belakang, karena kita harus mengetahui keadaang tubuh kita sebelum melakukan diet. Jangan sampai ingin menurunkan berat badan dengan program diet malah merugikan tubuh kita sendiri

Itu Sekilas tentang cara menurunkan berat badan, dan jika ada yang ingin ditanyakan, Jempol akan dengan senang hati menjawabnya.
Sampai Jumpa di Post selanjutnya, Salam Jempol..

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar